Bismillah,,,,


Sahabatku yang di rahmati Alloh, mungkin banyak di antara kamu yang ingin bisa menyampaika ceramah di hadapan publik dengan baik. Ceramah, selain berbagi ilmu juga bisa mengail pahala karena menyampaikan pesan-pesan Ilahi. Karenanya, selain harus pe-de berbicara di depan publik juga membutuhkan trik-trik penting yang harus kamu jalani.

1. Luruskan Niat

Meluruskan niat karena Alloh subhanahu wata'ala menjadi landasan yang sangat penting untuk memulai setiap pekerjaan, termasuk dalam urusan ceramah ini. Hal ini penting, agar dakwah yang kamu usung memang untuk menegakan agama Alloh. Dengan niat yang lurus, insya Alloh kita terhindar dari sifat riya' alias ingin di puji.

2. Gunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Bahasa yang fasih, jelas, tidak bertele-tele dan mudah dimengerti tentu akan memudahkan mad'u atau audience dalam menyerap apa yang kamu sampaikan. karena kefasihan berbahasa akan mempunyai efek langsung pada hati manusia (Qs. An-Nisa : 63). Dalam suatu kesempatan, para sahabat mengatakan bahwa Rasululloh saw selalu menasehati mereka dengan nasihat yang fasih dan berbekas pada jiwa (HR Ahmad).

3. Bacalah Referensi

Bacalah referensi (Al-Qur'an, buku, majalah, koran) yang berkaitan dengan materi ceramah yang akan kamu sampaikan. ini akan membantu kamu mengembangkan isi ceramah yang akan kamu sampaikan. Membaca referensi, juga membantu kamu untuk mencari hujjah untuk menguatkan isi ceramah.

4. Catat Materi yang akan Disampaikan

Jangan malu membawa catatan kecil ke atas mimbar. membuat catatan kecil seperti point-point materi yang akan kamu sampaikan akan lebih fokus, to the point, dan efesien. di samping itu hal tersebut memudahkan kamu ketika lupa.

5. Susunlah Materi Ceramah

Agar isi ceramah kamu gak ngalor-ngidul, kamu perlu menyusun isi ceramah secara urut dan sistematis. Contoh, kalau kamu ingin membahas tentang ghazwul fikri, kamu bisa menjelaskan terlebih dahulu apa yang di maksud dengan ghazwul fikri, ciri-ciri dan dampaknya, pelaku dan kurbannya, dan sikap kaum muslimin dalam menghadapinya. Dengan bahasa yang sestematis, ceramah yang kamu sampaikan akan lebih cair dan mengalir.

6. Mentalitas yang Islami

Agar ceramah yang kamu sampaikan dapat diterima dan mengena di hati, maka, minimal kamu harus mempunyai tiga sifat yang harus kamu miliki, yaitu: yakin dengan apa yang kamu katakan, hati yang bersih, dan ucapan yang sesuai dengan perbuatan.

Nah, Selamat mencoba,,!

6 MANFAAT LAIN DARI KOPI

0 comments:

Post a Comment