Barang siapa yang taat kepadaAllah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. (QS. An Nisa: 13). Dan orang-orang yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya adalah orang yang bertaqwa, bagi mereka benar-benar disediakan tempat kembali yang baik, yaitu surga ‘And.” (QS. Shad: 49-50)

    Di antara amalan-amalan yang disebutkan Rasulullah secara sharih (jelas) memuiliakan dan mengangkat derajat penduduk surga adalah;

1. Ahlul Qur’an (yang membaca dan mengamalkannya)
    “Di perintahkan kepada orang yang ahli dalam Al-Qur’an ketika ia masuk ke dalam surga; “Bacalah dan naiklah.” Maka ia pun membacanya dan dirinya pun naik (derajatnya) dengan ayat yang ia baca hingga ayat terakhir.” (HR. Ibnu Majah, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ahmad).

2. Thalabul ilmi dan ulama
    Siapa saja yang menempuh jalan dalam rangka menuntut ilmu (syar’i), niscaya Allah akan mudahkan baginya mendapatkan jalan menuju surga (HR. Muslim) dan Allah meninggikan orang yang memiliki ilmu pengetahuan beberapa derajat. (QS. Al Mujadalah: 11)

3. Berjihad fisabilillah dengan harta dan jiwa
     Allah melebihkan orang-orang yang  berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-prang yang duduk (karena udzur) satu derajat. (QS. An Nisa: 95)

0 comments:

Post a Comment