Sahabat Blogger's, sebuah anekdot mengatakan bahwa kebutuhan primer manusia sekarang adalah; sandang, pangan, papan, dan 'colokan'. Tentu saja, yang terakhir adalah tambahan saja, untuk menyindir ketergantungan orang terhadap Gadget. Salah satunya adalah smartphone, atau ponsel cerdas.
     Ya, secerdas apapun ponsel kita, tak akan berguna jika kehabisan batere. Karenanya, colokan listrik pun menjadi kebutuhan primer.

     Jika tak mau repot mencari colokan, maka powerbank bisa menjadi solusinya. 'Tabungan listrik' portabel ini bisa mengisi batere kapan dan dimana saja. Namun, salah dalam memilih dan menggunakan powerbank juga berisiko merusak ponsel kamu. Nah, berikut tips untuk memilih powerbank yang tepat untuk smartphone kamu.


  • Pertama, perhatikan kapasitas baterai. Kamu bisa mengetahuinya dengan melihat tulisan yang terdapat pada baterai atau pada kemasan smartphone. power bank yang akan kamu beli minimal memiliki kapasitas yang sama dengan baterai ponsel agar bisa digunakan untuk sekali isian. Lebih besar kapasitas, lebih baik.
  • Kedua, perhatikan tegangan dan arus output. Tegangan output yang keluar dari power bank harus sama dengan atau lebih tinggi dari perangkat anda. Umumnya, tegangannya adalah 5 Volt dan arus 0,5 sampai 1 Ampere.
  • Ketiga, perhatikan keamanannya. Pilihlan power bank yang mempunyai fitur power-cut power (dapat memotung arus), yang dapat memotong arus jika terjadi konsleting atau arus pendek yang bisa mengakibatkan batrai terbakar atau meladak. Juga memilih power bank yang memiliki fitur Auto-cut untuk mencegah overcharged. fitur ini memungkinkan power bank menghentikan pengisian secara otomatis jika baterai ponsel telah terisi penuh.
  • Keempat, pilihlab power bank dengan merek terpercaya. Merek abal-abal dengan harga murah kerapkali memiliki kapasitas baterai yang tidak sesuai dengan yang tertulis pada kemasan. Juga minim fitur pengamanan. Meskipun power bank yang mempunyai merek ternama harganya lumayan mahal, tapi setidaknya setimpal dengan kualitas yang dimiliki.

Sumber: Majalah Ar-Risalah

0 comments:

Post a Comment